Inilah Tips Menjalankan Investasi Tanah Jangka Panjang

Investasi tanah jangka panjang merupakan jenis investasi yang menarik dan banyak dipilih karena bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Selain untuk memperoleh keuntungan yang besar, investasi jangka panjang ini juga sebagai tabungan atau aset di masa tua. Tabungan dalam bentuk tanah ini setidaknya dapat meminimalisir resiko keuangan yang bisa terjadi di masa mendatang.

Tips Menjalankan Investasi Tanah Jangka Panjang


Investasi tanah ialah investasi dalam bentuk tanah saat ini sangat popoler untuk dimiliki. Hal ini disebabkan, investasi tanah ini nilai jualnya terus meningkat setiap tahun. Dan permintaan tanah ini juga selalu meningkat sedangkan tanahnya sendiri tidak mungkin bertambah.

Maka dari, sudahkah Anda memiliki investasi tanah untuk masa depan Anda??jika belum, investasi tanah jangka panjang ini mungkin cocok untuk Anda jalankan. Maka dari itu, bagi yang ingin menjalankan investasi tanah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijalankan ketika menjalankan investasi tanah.

Sifat Tanah Yang Fleksibel

Karena memiliki sifat yang fleksibel, Anda bisa memperoleh pendapatan pasif yaitu dengan menyewakan unit kavling ini sebagai lahan parkir, ruko. Akan tetapi tanah bisa mendatangan pendapatan seperti ini harus tanah yang terletak di lokasi strategis, semisal di kawasan CBD (Central Business District)

Selain untuk memperoleh pendapatan pasif, tanah ini juga bisa digarap menjadi lahan yang produktif seperti kebun buah, kebun kelapa ataupun dijadikan sawah.

Harga

Kenaikan harga pada tanah ini lebih tinggi dari pada inflasi, hal ini tentunya sangat menguntungkan. Rata rata kenaikan pada tanah sendiri berkisar 20 – 25 % pertahun. Dan kenaikan ini bisa mencapai 30 – 40 % jika letak tanah ini strategis.

Sebelum membeli tanah, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak mungkin tentang harga tanah disekitar tanah yang ingin Anda beli. Hal ini bertujuan membandingkan harga tanah, jika dirasa tanah tersebut harganya terlalu mahal maka yang perlu dilakukan adalah melakukan penawaran.

Jangka waktu Investasi

Menentukan jangka waktu dalam investasi tanah ini mutlak dilakukan karena proses pencairan dana dalam investasi tanah tidak mudah. Alangkah baiknya jika tidak menyandarkan seluruh aset Anda untuk investasi tanah ini. Karena pada umumnya keuntungan tanah ini bisa dinikmati setelah 3 sampai 5 tahun.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan investasi tanah ini tentukan terlebih dahulu jangka waktu Anda akan mengambil keuntungan. 

Modal

Salah satu hambatan jika menjalankan investasi tanah jangka panjang adalah keterbatasan modal atau biaya. Hal ini umum terjadi karena harga jual yang terlampau tinggi, sedangkan modal yang disiapkan tidak terlalu banyak. Untuk menyiasati hal tersebut ada baiknya memilih lokasi yang harganya masih terjangkau.

Untuk memilih lokasi yang harganya terjangkau ini juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pastikan tanah yang Anda ingin beli tersebut terletak dilokasi yang mempunyai potensi menjanjikan dan ada rencana proyek pembangunan diwilayah tersebut. Tips terakhir sebelum menjalankan investasi tanah jangka panjang adalah memeriksa legalitas tanah.

Legalitas Tanah

Sebelum menginvestasikan uang dalam bentuk tanah, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memastikan legalitas tanah tersebut. Legalitas tanah tersebut bisa dilihat dari dokumen pendukung semisal surat tanah atau sertifikat tanah.

Selain itu, pastikan juga tanah yang ingin Anda jadikan investasi tanah tersebut bebas dari sengketa, karena saat ini banyak sekali terjadi kasus sengketa lahan. Legalitas ini berfungsi sebagai meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.


Itulah beberapa tips menjalankan investasi tanah jangka panjang. Yang pasti dalam waktu dekat kawasan yang strategis akan menjadi incaran banyak orang. Maka dari itu jangan ragu untuk menentukan jenis investasi yang Anda ingin jalankan. Akan tetapi pilihan tetap ditangan Anda. Selamat menjalankan investasi!
Share on Google Plus

About Unknown

Portal bisnis properti perumahan yang menyajikan informasi lengkap dan akurat. Diulas secara atraktive dan terbaru.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: