Inilah Beberapa Tips Investasi Tanah Bagi Pemula

Belajar menjalankan investasi tanah bagi pemula merupakan suatu hal yang wajib dilakukukan. Akan tetapi, belajar memahami investasi ini lebih baik dilakukan mulai dari sejak kecil atau sejak dini. Investasi sendiri banyak sekali jenis dan ragamnya salah satunya adalah investasi tanah.

Investasi Tanah Bagi Pemula
Investasi Tanah Bagi Pemula


Investasi tanah ini kebanyakan dijalankan oleh perusaaan besar, investor yang sudah berpengalaman atau orang yang berkantong tebal. Akan tetapi, seseorang yang punya modal sedikit dan pemula juga bisa menjalankan bisnis investasi ini, tetapi dengan syarat banyak belajar tentang investasi ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips atau cara investasi tanah bagi pemula

Hal pertama yang perlu dan wajib dilakukan pemula dalam menjalankan investasi tanah adalah menentukan lokasi tanah.

Lokasi Tanah

Lokasi tanah merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bisnis investasi tanah. Karena lokasi tanah yang strategis bisa mendongkrak harga hingga dua kali lipat. Yang perlu diketahui adalah tidak semua lokasi strategis dapat mendongkrak harga tanah. 

Diantara beberapa lokasi tanah yang paling banyak diminati dan dapat mendongkrak harga penjualan tanah adalah : Tanah yang dekat dengan pintu keluar atau masuk jalan tol, tanah yang dekat dengan kawasan industri atau komersil (umum), dan tanah yang mana disitu banyak tumbuh dan berkembang rumah kontrakan dan juga ruko

Baca juga artikel investasi tanah 2015  untuk meninjau kesempatan keuntungan dari bisnis tersebut.

Legalitas Tanah

Setelah menentukan lokasi, hal lain yang perlu diperhatikan bagi pemula adalah memastikan dan mengecek legalitas tanah, artinya tanah tersebut mempunyai sertifikat yang jelas.

Pastikan pula, sertifikat tanah ini sesuai dengan kondisi dilapangan. Kondisi dilapangan ini bisa dilihat dari luas dan bentuk tanah. Setelah memastikan legalitas yang terdapat di sertifikat tanah tersebut sesuai dengan yang ada dilapangan, jangan lupa memastikan pula tanah yang akan Anda jadikan investasi tersebut dalam keadaan clean (bersih).

Clean yang dimaksud disini adalah tanah tersebut tidak dalam sengketa ataupun tidak sedang digunakan untuk kegiatan lain seperti kegiatan ekonomi. Karena sekarang ini banyak sekali terjadi sengketa lahan atau tanah yang disebabkan para investor tidak jeli melihat legalitas tanah yang mereka beli.

Tawar Menawar Harga

Tawar menawar harga ini sangat penting dilakukan sebelum melakukan pembelian tanah. Sebelum menawar harga yang ditawarkan oleh penjual ada baiknya mencari informasi yang sebanyak banyaknya tentang harga tanah yang ada disekitar tanah yang akan dibeli. Hal ini bertujuan untuk membandingkan harga tanah yang satu dengan yang lain.

Tips selanjutnya untuk investasi tanah bagi pemula adalah menentukan jangka waktu investasi. Karena keuntungan dari investasi tanah ini berbeda dengan investasi yang lain, jika dengan investasi yang lain bisa menikmati keuntungan setiap bulan. Berbeda dengan tanah, karena untuk investasi tanah ini baru bisa menikmati keuntungan dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun. 

Itulah beberapa tips untuk menjalankan investasi tanah. Dalam bisnis investasi tanah ini juga memiliki banyak keuntungan dan terdapat pula kelemahan. Maka dari itu berkiut ini adalah beberapa keuntungan dan kelemahan investasi tanah.

Keuntungan dan Kelemahan Investasi Tanah

Diantara beberapa keuntungan yang terdapat di dalam investasi tanah adalah harga tanah yang bisa naik hingga empat kali lipat dari harga pembelian. Selain harga yang bisa naik, investasi tanah ini juga tidak membutuhkan biaya khusus untuk perawatan.

Selain itu, investasi ini juga tidak terpengaruh dengan adanya inflasi. Akan tetapi, investasi tanah ini juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah jika tanah ini terletak ditempat yang kurang strategis atau sulit dijangkau maka yang akan terjadi adalah kurangnya peminat. Hal ini menyebabkan kesulitan untuk menjual tanah ini.

Demikianlah beberapa tips untuk investasi tanah bagi pemula. Semoga dengan tips yang telah disampaikan diatas, bisa bermanfaat dan membuat usaha investasi Anda lebih maju.
Share on Google Plus

About Unknown

Portal bisnis properti perumahan yang menyajikan informasi lengkap dan akurat. Diulas secara atraktive dan terbaru.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment